mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
daftar dbc-network
MERAWAT KECANTIKAN ALAMI


Siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik?

Setiap perempuan pasti ingin terlihat cantik terutama untuk menyenangkan pasangannya. Kecantikan memang bisa diperoleh dengan riasan wajah yang tepat dan cocok dengan tipe wajah, akan tetapi yang paling penting adalah merawat kecantikan wajah alami agar wajah tetap terlihat cantik walaupun tanpa riasan/make-up.

Terkadang sebagai sesama perempuan, kita sering membanding-bandingkan cara perawatan kecantikan kita dengan sahabat-sahabat kita, atau bahkan dengan para selebritis. Jangan terburu nafsu; perawatan kecantikan untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain. Hal ini karena setiap perempuan memiliki keunikan kecantikan masing-masing; perawatan untuk perempuan berkulit normal tentu berbeda dengan perempuan berkulit kering.

Namun, apapun jenis perawatannya, ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk merawat kecantikan alami:


Tidak perlu kosmetik berharga mahal untuk merawat kecantikan, tapi juga jangan pelit untuk memberikan perawatan yang tepat.

Mungkin kita hanya memerlukan krim wajah seharga lima puluh ribu rupiah, misalnya, untuk pemakaian sehari-hari agar kelembaban kulit wajah tetap terjaga. Namun, jika kita sudah berusia lanjut dan memerlukan perawatan ekstra, misalnya agar wajah tidak terlihat keriput dan kita membutuhkan serum seharga dua ratus ribu rupiah, jangan pelit-pelit pada kebutuhan diri sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah faktor prioritas; jika memang perlu dana lebih untuk perawatan, jangan ragu-ragu, toh itu untuk kepentingan kita sendiri.

 


Selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan tubuh.

Kebersihan adalah suatu keharusan dalam perawatan kecantikan. Kosmetik wajib yang harus selalu digunakan oleh perempuan di segala usia adalah pelembab dan pembersih wajah.

Tentu saja pelembab dan pembersih wajah ini banyak sekali macamnya, dan kita harus menggunakan kosmetik yang cocok untuk kulit kita. Mungkin ada perempuan yang tidak bisa menggunakan sabun wajah sebagai pembersih dan lebih memilih memakai cleansing milk dan toner; ada juga yang berkulit sensitif dan lebih memilih menggunakan facial foam.

Begitu juga dengan kulit tubuh. Mungkin ada yang memilih menggunakan sabun cair dengan pelembab sebagai pembersih tubuh, dan mungkin ada yang lebih suka menggunakan soap bar untuk membersihkan kulit tubuh. Apapun pilihannya, intinya adalah menjaga kebersihan kulit.

 

Berikut ini tips perawatan kulit:

  • Bersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit setiap pagi dan malam hari
  • Bubuhkan pelembab. Untuk perempuan yang telah berusia lanjut mungkin dapat diikuti dengan penggunaan serum dan eye cream agar kulit tidak tampak berkerut. Sebaiknya pelembab tidak hanya digunakan pada pagi hari saja, tapi juga pada malam  hari, misalnya dengan night cream.
  • Bubuhkan bedak tabur untuk wajah setelah menggunakan pelembab. Gunakan foundation dan compact powder hanya pada saat-saat tertentu saja, misalkan untuk riasan ke undangan atau acara-acara formal lainnya. Hindarkan penggunaan alas bedak untuk riasan sehari-hari agar pori-pori kulit tetap terawat.
  • Lakukan perawatan masker wajah paling tidak seminggu sekali dan scrub wajah paling tidak sebulan sekali. Hal ini penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kelembaban kulit serta merawat pori-pori.
  • Selalu membersihkan wajah sebelum tidur, baik dengan cleansing milk ataupun facial wash. Hal ini untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah.
  • Gunakan body lotion atau body cream ke seluruh tubuh setiap sehabis mandi agar kelembaban kulit tetap terjaga. Untuk yang sering beraktifitas di bawah sinar matahari, jangan lupa kenakan pelembab dengan SPF dan UV filter.
  • Mandilah minimal 2 kali sehari, atau setiap kali setelah beraktifitas yang menguras keringat. Gunakan sabun yang cocok dengan jenis kulitBerolahraga untuk menjaga kecantikan diri.

 

Berolahraga untuk menjaga kecantikan diri

Kecantikan tidak hanya diperoleh dari perawatan dengan kosmetik yang tepat, tapi juga dari kebugaran tubuh. Kecantikan alami akan lebih terjaga jika kita rajin berolah raga.

Tidak perlu olah raga berat untuk menjaga kebugaran tubuh, yang penting adalah tubuh diberi kesempatan untuk bergerak agar otot-otot tubuh tergerakkan. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolah raga agar tidak terjadi cedera.

Berikut ini adalah tips untuk berolah raga:

  • Jalan kaki di pagi hari selama 45-60 menit. Lakukan paling tidak tiga kali dalam seminggu. Hal ini pun dapat dilakukan dengan menggunakan treadmill.
  • Bersepeda. Buatlah target berbeda setiap kali bersepeda, misalnya hari ini jarak tempuhnya dua kilometer, mungkin besok tiga kilometer. Lakukan bersepeda paling tidak empat kali seminggu.
  • Untuk yang memilih berolah raga energik, mungkin bisa melakukan aerobik, salsa atau taebo. Lakukan selama satu jam, tiga kali dalam seminggu.
  • Latihan beban. Jika memilih untuk berolah raga di gymnasium, lakukan latihan beban. Jangan lupa buat target; misalnya bulan ini latihan beban dengan berat beban lima kilo, bulan depan tingkatkan menjadi enam atau tujuh kilo.
  • Sebagian orang mungkin ada yang hobi berolah raga berat, seperti tenis, badminton, atau futsal. Lakukan secara teratur 1-2 kali seminggu, dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan tiap kali berolah raga.

 

Mengatur pola makan yang baik


Memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi idaman setiap perempuan. Salah satu cara untuk memperolehnya adalah dengan mengatur pola makan. Tentu tidak salah jika kita senang makan coklat atau es krim, tetapi kita harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan berprotein. Kata kunci dalam diet pola makan adalah ‘cukup’. Kita boleh mengonsumsi apa saja yang kita sukai, asalkan dalam jumlah yang ‘cukup’ dan tidak berlebihan.

 

Berikut ini adalah tips pola makan untuk menjaga bentuk tubuh ideal:

  • Sarapan dengan makanan yang berkarbohidrat, seperti nasi, roti, jagung atau oat meal. Jika suka, dampingi dengan minum susu tinggi kalsium namun rendah lemak.
  • Selingi jam makan antara sarapan dan makan siang dengan cemilan sehat, seperti dua potong brownies kukus dengan segelas jus buah atau yoghurt.
  • Makan siang dengan menu lengkap karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Nasi atau kentang, sayur dan sepotong daging sudah sangat cukup. Variasikan menu agar tidak bosan.
  • Makanlah cemilan manis di sore hari, seperti cake atau bolu kukus, dengan secangkir teh tawar. Hal ini baik untuk menahan lapar sebelum makan malam.
  • Makan malam dengan menu protein nabati. Hindari mengonsumsi protein hewani, karbohidrat dan lemak berlebih di malam hari. Makan malam dengan menu salad sayuran atau buah dapat menjadi pilihan diet yang baik.
  • Selalu minum air putih setelah makan.

 

Istirahat yang cukup


Salah satu hak tubuh adalah beristirahat. Dengan beristirahat, tubuh menjadi rileks dan dengan sendirinya mengumpulkan kembali energi dan kekuatan untuk beraktifitas. Tidur cukup di malam hari adalah istirahat yang paling baik; beberapa orang mungkin menambahnya dengan tidur siang dalam waktu yang singkat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Berikut ini adalah tips beristirahat:

  • Tidurlah minimal 6-8 jam setiap harinya. Hal ini dapat menjaga kesegaran wajah, kulit dan tubuh.
  • Hindarkan minuman berkafein, bersoda dan mengandung asam menjelang beristirahat. Ini untuk mencegah perut kembung yang dapat mengganggu kesehatan.
  • Minumlah segelas air putih sebelum tidur. Pagi hari setelah bangun, minumlah lagi segelas air putih. Hal ini baik untuk memperlancar metabolisme tubuh.
  • Beberapa orang mungkin memilih untuk minum segelas susu hangat sebelum tidur. Pilihlah susu yang rendah kalori dan lemak agar tidak terjadi penimbunan lemak.

 

kontributor : Irna Haerani, http://irna2sweet.wordpress.com

Artikel lain
Tren Diet Baru : Clean Eating
Penyebab Keputihan dan Bagaimana Mengatasinya
Mood Sering Berubah, Waspadai Gangguan Bipolar
5 Mitos dan Fakta tentang Nasi
Tetap Lezat Tanpa MSG
Tetap Bugar Selama Puasa
Liburan Aktif, Yuk!
Cara Menurunkan Gula Darah
Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak
Jangan Menyerah Pada Alam!
Jawaban Kuisoner : Jangan Menyerah pada Alam!
Penyakit Turunan Bukan Kutukan
Aduh, pilih yang mana ya ? (Bagian 2)
Aduh, pilih yang mana ya ?
Teliti Dahulu Sebelum Mencium!
Tetap Sehat, Cantik dan Langsing Selama Puasa
Be Vegan for a Better Life
Sssttt... Pria (ternyata) Bisa Kanker Payudara Lho!
Andropause, menopause ala pria
Mengenal kanker
Lelah ? Letih ? Capek ? Jangan anggap enteng !
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006