homecantik selaluibu dan balitatanaman obatinfo obattipspanduan makanserba-serbi sehat
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Sakit kepala dan obat bebas (OTC, Over The Counter)
Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala, dan kebanyakan mengalaminya lebih dari satu kali. Umumnya kasus sakit kepala dapat diatasi dengan minum obat penghilang nyeri yang dijual bebas di pasaran. Tetapi tidak semua obat bebas boleh diminum secara bebas. Lebih lanjut lagi, tidak semua sakit kepala harus diatasi dengan obat. Anda tertarik?

Obat bebas (otc) adalah obat-obatan yang bisa dibeli langsung tanpa resep dokter. Obat-obatan yang termasuk kategori ini dijual bebas di pasaran. Walaupun berlabel "bebas", bukan berarti obat-obat penghilang nyeri tersebut bebas dikonsumsi begitu saja tanpa aturan. Walaupun Anda telah berusaha mengikuti dosis sesuai anjuran, pada dasarnya semua obat sama, bisa menjadi racun pada pemakaian berlebihan atau berkepanjangan.

Perhatikan Peringatan


Kadang sakit kepala atau migraine yang dialami terasa sangat hebat sehingga kita merasa hanya obat yang diresepkan dokter-lah yang mampu mengatasinya. Tapi, obat bebas penghilang nyeri sering kali cukup membantu, apalagi bila diminum pada saat awal serangan sehingga efeknya bisa cukup efektif.

Perkembangan obat bebas di pasaran saat ini seringkali membingungkan konsumen. Pertama, banyak sekali obat penghilang nyeri yang dijual bebas dengan berbagai merek dagang. Lalu tiap merek dagang punya berbagai bentuk sediaan seperti tablet, kapsul, kaplet, tablet salut dan lain-lain. Kemampuan yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai dari efek standar, formula siang-malam, formula dengan kekuatan ekstra, formula khusus anak-anak, dan sekarang juga muncul formula khusus migraine.

Kalau dilihat kandungannya, sebenarnya kebanyakan obat penghilang nyeri mengandung zat aktif yang sama, seperti asetosal (asam asetilsalisilat), acetaminophen atau parasetamol, ibuprofen, atau kombinasi dari zat-zat aktif tersebut. Langkah terbaik untuk memilih obat-obatan tersebut adalah dengan menentukan zat aktif mana yang paling berkhasiat untuk Anda. Informasi untuk panduan dalam pemilihan obat ini dapat Anda lihat di sub-artikel PEMILIHAN OBAT YANG TEPAT : BACA LABEL.

Dalam memilih obat bebas, perhatikan baik-baik komposisinya. Jika Anda memiliki masalah gangguan perut, sebaiknya hindari obat-obat yang mengandung asetosal, ibuprofen dan asam mefenamat, dan memilih acetaminophen atau paracetamol. Dan kalau Anda cenderung sering mengalami sakit kepala yang disertai dengan rasa mual, sebaiknya Anda minum obat anti mual terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa mual, setelah mereda akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengobatan pada sakit kepala atau migraine Anda.

Hal-hal yang perlu diingat tentang obat penghilang nyeri bebas :
Obat penghilang nyeri bebas, terutama bila diminum pada saat awal serangan sakit kepala atau migraine, bisa cukup efektif mengatasi rasa sakit
Periksa label komposisinya, dan pilih komposisi yang paling tepat untuk Anda
Periksa apakah ada efek samping yang potensial, sebagaimana yang Anda lakukan dengan obat-obatan resep dokter
Jika Anda sedang mengkonsumsi obat dengan resep dokter, tanyakan pada dokter atau Apoteker sebelum Anda mengkonsumsi obat bebas tersebut
Minum obat bebas penghilang nyeri lebih dari dua hari berturut-turut bisa menyebabkan rebound headaches
Obat-obat bebas dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang diresepkan dokter.
Bingung memilih obat batuk ?
Kita seringkali bingung dalam memilih obat batuk mana yang ingin kita beli. Begitu banyak ragam obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Apalagi jika kita ...
Selanjutnya klik disini --> 
homecantik selaluibu dan balitatanaman obatinfo obattipspanduan makanserba-serbi sehat
Copyright © mediasehat 2006