mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Selangkangan & Kelamin Gatal
Bu Dr Saya ini seorang Gay dan beberapa kali memiliki pasangan sex, saat ini saya merasa terganggu dengan keadaan kulit saya di sekitar lipatan paha (Selangkangan), terasa gatal sekali dan terdapat lapisan kulit yang agak mengembang berbentuk seperti pulau-pulau, akibat rasa gatal tersebut sering saya garuk dan terasa perih dan gatal, disekitar pembengkakakan kulit sering keluar cairan seperti getah bening dan keadaannya sekarang mulai menyebar keseluruh selangkangan dan di bawah buah jakar, penyakit apa kah itu dok dan bagaimana penyembuhannya..? apa bisa sembuh total, saya sangat perlu jawabannya dok karena sudah seminggu ini gatal itu tidak hilang dan radang pada kulit semangkin melebar, sebenarnya saya ingin melampirkan photonya tapi bingung mau kirim kemana, terima kasih atas jawabannya dok.
EM, 31 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear saudara EM,

Dari cerita Anda di atas (letak dan perkembangan keluhan gatal yang dirasakan), kemungkinan terburuk dari gejala yang Anda derita itu bisa dikategorikan sebagai Penyakit Seksual Transmitans atau Penyakit Menular Seksual, penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit macam ini beresiko besar untuk orang-orang yang sexually-active (biasa berganti-ganti pasangan intim), karena resikonya salah satu dari mereka ternyata adalah seorang penderita.

Seperti yang Kami katakan, itu adalah kemungkinan terburuknya, namun bisa saja keluhan yang Anda rasa itu sebenarnya hanyalah akibat dermatitis lokal (atopi) atau akibat infeksi ringan sejenis golongan jamur saja.

Cukup bisa dimengerti kalau di area kulit selangkangan dan kulit kelamin mudah terjadi dermatitis atopi (baik iritasi maupun alergi), karena kulit di kedua area itu memang cenderung lebih sensitif. Yang kira-kira bisa menyebabkan iritasi ataupun alergi di kulit area-area tersebut adalah bahan dari celana dalam, celana panjang, sofa duduk, kursi, karpet dan seprai tidur. Hindari bahan-bahan yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi.
Untuk resiko infeksi, logikanya adalah kulit di area selangkangan dan kelamin itu, terutama lipatan-lipatan terdalamnya, agak sulit terjamin kebersihannya, kecuali kalau Anda termasuk orang yang memang biasa membersihkan diri sampai kulit-kulit di area tersembunyi itu. Nah, seperti halnya kulit di area lain, kulit di kedua area itu juga bisa terkena infeksi jika tidak terjamin kebersihannya.

Tentu saja perlu dilakukan pemeriksaan lebih seksama untuk memastikan sebenarnya ada apa di balik rasa gatal dan bengkak-bengkak di kulit selangkangan dan testis Anda. Kami sarankan agar Anda sebaiknya berkonsultasi langsung ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, kalau perlu minta dilakukan pemeriksaan jaringan kulit bermasalah itu.

Yang namanya Penyakit Menular Seksual itu ada beberapa macam jenisnya, berdasarkan mikroorganisme yang menginfeksi, bisa jamur, virus, bakteri sampai kuman dan parasit. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosa, selain juga untuk menentukan cara pengobatan yang benar.

Untuk mencegah rasa gatal dan perasaan 'kotor', Anda bisa coba dengan mengkompres kulit bermasalah Anda itu dengan kompres kain kassa dengan cairan Rivanol yang bisa Anda dapat di apotek-apotek. Setelah itu bisa diolesi krim anti gatal yang telah banyak dijual di pasaran, atau dengan krim khusus anti jamur atau anti bakteri, Dokter Kulit yang memeriksa Anda nanti pasti akan meresepkannya untuk Anda. Saat mandi, Kami anjurkan untuk menggunakan cairan antiseptik untuk membersihkan area kulit bermasalah, hindari dulu kontak dengan air.

Untuk membantu kesembuhan, maka penting agar kesehatan tubuh dijaga dengan sebaik-baiknya, perbanyak asupan vitamin A, C dan E, kalau perlu dengan mengkonsumsi vitamin food-supplement. Untuk beberapa kasus individu, kadang diperlukan faktor penambah daya imun, ada dalam bentuk oral (obat minum).

Jika masalah kulit Anda baru di lapisan epidermis (lapisan kulit terluar) saja, maka proses kesembuhan akan lebih cepat, karena jaringan kulit itu mempunyai sifat regenerasi sel tinggi, setiap 14 hari lapisan sel kulit terluar akan terkelupas dengan sendirinya dan akan digantikan oleh lapisan kulit dibawahnya. Bila lapisan di bawah epidermis kulit Anda ikut terkena, proses kesembuhannya akan berupa pembentukan fibrosis lokal (jaringan keras).

Pastikan Anda berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, karena terus terang, Kami tidak bisa mendiagnosa Anda hanya dari keterangan dari Anda ini, apalagi menentukan apa obatnya.

Demikian jawaban Kami, semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Penis Bengkok
Sunat vs Ejakulasi Dini
Dokter Ahli Masalah Pria
Buah Zakar Cuma Satu
Lubang Vagina Sempit, Gak Bisa Penetrasi....
Tanya Soal Varikosel
Takut Tidak Bisa 'Memuaskan'
Seks : Tangan Penetrasi Ke Dlm Vagina ?
Penis bengkok saat ereksi
Cairan Sperma Berwarna Kuning.....
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006