mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Susu Yang Baik Untuk Bayi selain ASI
Pagi Dok, Bayi, saya saat ini berumur 2 bulan, dan sejak istri saya ikut KB suntik ( 1 bulan sekali ), ASI yang diproduksi oleh payudara menurun drastis, akhirnya saya putuskan untuk ASI sambung dengan susu formula, tapi saat ini bayi saya sering sembelit, padahal takaran susu formula yang harus di berikan sudah saya kurangi, apakah susu formula yang saya berikan tidak cocok, susu formula yang saya berikan adalah LACTOGEN, bagaimana saya harus menangani masalah ini ( ini anak pertama saya), dan dapatkah dokter memberikan referensi untuk susu formula yang terbaik untuk balita < 6 bulan ? terim kasih Toto Bawono
Toto Bawono, 29 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Salam ananda Toto,

saya bangga sekali bahwa ananda ini adalah ayah dan suami yang baik, sungguh penuh perhatian atas anak dan istri. Saya harapkan semoga seterusnya seperti ini. amien.

Sekalian disini saya ucapkan selamat atas kelahiran bayi ananda berdua. Yang saya gak habis pikir, kenapa istri ananda cepat-cepat memakai suntik KB ? Memang benar itu akan menghambat hormon untuk pembentukan ASI dari istri ananda. Yang saya juga heran, kenapa ananda menyetujui pemakaian suntikan ini ?

Sayang sekali, karena dengan ASI sebenarnya sang ibu melakukan 'bonding' dengan si anak. Kedekatan ini sebenarnya juga si ibu memberi rasa aman dan rasa perlindungan terhadap bayi.. Terjalinnya ikatan bathin antara ibu dan anak dimulai disini. Di sini si anak, walau masih bayi dan tidak mengerti dengan suasana sekitarnya, sudah bisa 'berkomunikasi' dengan sang ibu.

Selain faktor psikologi yang penting diperhatikan, soal gizi dalam ASI. Saya yakin, kita semua telah tahu bahwa dewasa ini sudah banyak sekali susu formula yang mengklaim dirinya sebagai 'yang paling mendekati' ASI. Mungkin para formulator susu formula bayi sudah bisa mengindentifikasikan gizi, mineral dan vitamin apa saja dalam ASI dan mereka bisa 'membuat' susu dengan formula untuk bayi yang telah mereka kembangkan dalam penelitian mereka itu, akan tetapi para dokter anak tetap lebih memilih para ibu untuk menyusui langsung bayi mereka dengan ASI. Karena tetap saja para ahli sekalipun tidak bisa menstandarkan isi kandungan ASI. Karena masih banyak bahan-bahan kandungan lain dalam ASI yang belum diketahui secara pasti selain yang telah diketahui para ahli sekarang ini, bahkan diketahui ada bahan yang bersifat imun terhadap bayi yang diturunkan dari ibu melalui ASI ini. Juga karena bahan-bahan dalam susu formula adalah bahan-bahan hasil sintetis, yang belum tentu bereaksi baik terhadap tubuh bayi kita seperti layaknya ASI.

Sembelit pada bayi yang minum memakai botol, lebih banyak disebabkan oleh adanya udara yang ikut tertelan, bukan karena formula dari susu. Sebab, pilihan susu formula yang ananda pakai sudah cukup bagus (saya sudah lihat kandungan dalam komposisinya). Saya sudah lihat banyak susu formula bayi yang dipasarkan di Indonesia telah mengandung DHA (untuk perkembangan otak), prebiotik (untuk perkembangan sistem daya tahan tubuh) dan lainnya yang saya yakin bisa menjadi 'pengganti' ASI untuk perkembangan si bayi ke depannya, kalau memang istri ananda tidak bisa lagi menghasilkan ASI karena alasan yang ananda utarakan di atas tadi. Untuk lebih jelas dan pastinya, ananda bisa saja menemui dokter anak untuk mengkonsultasikan keadaan bayi ananda dan susu apa yang bagus untuk bayi sebagai pengganti ASI.

Demikianlah keterangan dari saya, semoga bisa membantu.
Konsultasi lain :
Membersihkan Telinga Anak
Batuk & Pilek tak kunjung sembuh
Anak Tanpa Testis
Susah Mencerna Makanan
Ketombe Pada Anak
Minum Susu Soya Malah Sakit?
Bedah Plastik untuk Anak
Hidung Tersumbat akibat Lendir
Ada Flek Di Paru-Paru Anak Saya, Dok.....
Sumbing Langit-langit (Cleft Palate)
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006