mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Tanya Soal Cipro, Nystatin Dan Urut Untuk Rahim
Pagi Dokter Esti, terima kasih buat jawabannya soal hasil papsmear saya, mau tanya lagi nih dok, saya kemarin sudah berobat dan konsultasi, karena saya tidak mengalami keputihan yg banyak dan berbau juga tidak gatal, maka saya hanya diberi obat antibiotik namanya CIPROFLOXACIN 500 mg, tapi setahu saya teman saya yg juga berobat u/penyakit yg sama, bedanya dia keputihan banyak dan gatal, dia diberi obat tablet vagina, jadi saya juga minta diberi obat tablet vagina supaya penyembuhan saya total lewat minum sekaligus lewat vagina, nama obatnya NYSTATIN 100.000 IU, apakah obat yg saya minum dan pakai ini benar u/penyembuhan spora jamur saya Dok ? Saya juga mau tanya, apakah diperbolehkan Dok, melakukan urut untuk menaikkan posisi rahim, ada teman saya yg urut menaikkan posisi rahim, dan akhirnya berhasil hamil dok ? apakah benar ada pengaruhnya Dok dari urut itu ? berbahayakah Dok ? mohon penjelasan Dokter, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya. Salam hangat, mimi
Mimi, 32 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear ananda Mimi,

Karena ananda juga menanyakan mengenai obat-obatan maka pertanyaan ini dijawab berdasarkan diskusi dengan apoteker kami.

Sebentar..... kenapa ananda ini membanding-bandingkan pengobatan ananda dengan teman ananda ? Walaupun ananda bilang penyakit kalian berdua sama, tapi kenyataannya ada yang berbeda, teman ananda mengalami keputihan yang banyak dan gatal sedangkan ananda tidak. Dari situ saja, bisa dimaklumi kalau pengobatan yang ananda terima akan berbeda dengan teman ananda.
Jangan bilang, kalau ananda ini berobatnya pengen ikut-ikutan teman.
Kalau begitu, apa gunanya ananda ke dokter ?

Sebenarnya hasil pemeriksaan cairan / getah keputihan sedikit atau banyak tetap dapat dianalisa adanya penyebabnya, bakteri atau mikroorganisme atau jamur atau binatang kecil trichomonas atau virus.
Obat untuk mengatasinya harus yang benar bisa mengatasinya dan tidak dengan coba-coba, karena dosis - lama terapi - kontrol perlu dijadwal dengan tepat. Dari obat yang diminum, dosisnya harus cukup kuat membunuh bakteri atau mikroorganisme dan dijadwal berapa lama sampai bakteri / mikroorganisme tuntas dibunuh. Jadi kembali kami tekankan, jangan sembarangan meminum obat hanya karena seseorang dengan gejala mirip menggunakan obat itu, tanpa rekomendasi dokter ataupun ahli kesehatan lainnnya yang bersangkutan.

Seperti pada kasus ananda. Ananda pernah keluhkan keputihan, dan setelah pap test kemaren ditemukan ada spora jamur. Itu berarti keputihan yang ananda alami itu akibat infeksi jamur. Sudah pernah saya sebutkan kalau kebanyakan jamur yang menginfeksi di area vagina itu adalah Candida albicans. Kenyataan bahwa keputihan yang ananda alami baru sedikit, juga tidak bau dan tidak gatal, itu berarti jamur belum terlalu kuat menginfeksi.
Apakah pernah dilakukan pemeriksaan terhadap getah keputihan ananda, selain pap test yang sudah dilakukan ? Pemeriksaan getah keputihan bisa makin mengukuhkan sebenarnya apakah benar jamur yang menyebabkan keputihan yang ananda alami.

Mungkin menurut diagnosa dokter, infeksi jamur yang ananda derita belum terlalu kuat, makanya ananda langsung diberi obat Ciprofloxacin, obat antibiotik generasi III untuk segala infeksi akibat mikroorganisme, termasuk infeksi saluran kemih dan reproduksi.
Tapi... waktu ananda berkonsultasi ke dokter yang memberikan ananda ciprofloxacin, apakah ananda pernah memberitahukan ke dokter itu bahwa dari hasil pap smear ananda, ditemukan spora jamur ?
Tidak apa-apa, bisa jadi dokter itu telah mendiagnosa dari kondisi ananda bahwa ada kemungkinan infeksi mikroorganisme di vagina ananda, makanya dia memberikan ciprofloxacin. Seperti yang telah kami utarakan, bahwa ciprofloxacin ini adalah obat antibiotik, maka ananda harus meminumnya berdasarkan dosis yang dianjurkan dan harus sampai tuntas, karena kalau tidak tuntas, dikhawatirkan mikroorganisme - mikroorganisme tersebut bisa bermutasi dan jadi kebal terhadap ciprofloxacin.

Sementara Nystatin adalah obat anti infeksi jamur yang cukup kuat. Obat ini biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit infeksi jamur di area vagina, makanya nystatin dikemas dalam bentuk tablet vagina, yang dimasukkan ke dalam vagina, supaya langsung bekerja di sasaran tanpa harus melewati sistem cerna malah menguraikan obat sehingga obat jadi tidak efektif.
Dan kami agak terkejut, ketika ananda bilang, supaya efektif, ananda menggunakan obat itu di vagina dan diminum ? Padahal obat yang diberikan ke ananda adalah bentuk tablet vagina.
Tablet vagina hanya digunakan dengan cara memasukkannya melalui vagina dan tidak diminum.

Untuk mengetahui bisa atau tidaknya obat-obat itu mengatasi keputihan, itu tergantung dari diri ananda sendiri. Kalau ananda tidak rajin atau tidak menggunakan obat sesuai dosis, jangankan ananda, kami di sini dan para dokter sekalipun tidak akan bisa menjamin kesembuhan ananda.
Sekarang, setelah menggunakan obat-obat itu, sudah pernah diperiksa lagi ? Ada perbaikan atau tidak? Ini penting sekali, untuk menjamin kesembuhan ananda juga kelak. Kalau tidak ada perbaikan apapun sejak pemakaian obat, itu berarti diperlukan obat yang lebih kuat atau bisa jadi ada penyebab lain yang belum diketahui dengan jelas.

Mengenai pertanyaan mengenai urut untuk memperbaiki posisi rahim. Tentu boleh saja cara urut ini dicoba, asal didasari pengetahuan yang cukup kuat tentang posisi anatomik rongga panggul kecil . Posisi rahim kurang menguntungkan dapat menjadi penghalang arah sperma menemui sel telur. Tes Infertilitas lebih terarah dan sistematik, dapat dipakai sebagai acuan efektivitas hubungan seks penuh harapan pembuahan dan penetrasi yang tepat di dinding rahim.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Thyrax untuk Pengganti Hormon Tiroid
Putus-Sambung Minum Pil KB
Bisakah Hidrokortison untuk Jerawat?
Apa Obat Yang Benar Manjur Untuk DM, Dok ?!
Tanya Soal Alergi dan Penggunaan CTM saat Hamil
Obat Perangsang Bisa Pengaruhi Kualitas Sperma ?
Amoxilin itu Apa sih?
Tanya tentang Chitosan...
Scandexon untuk penderita jantung?
Aromycin untuk Osteoporosis ?
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006