mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kenalan dengan Badan POM yuk !
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Pil KB Menyusui vs Dysmenorhea
Yang terhormat, Dokter Saya seorang ibu yang bekerja dan mempunyai 3 orang anak, ada bebarapa hal yang ingin ditanyakan seputar alat kontrasepsi yaitu: 1. Saya menggunakan pil KB yg menyusui, kendalanya menstruasi tdk teratur (yg pertama tgl 15-20 Mei kemudian mens lagi tgl 29 Mei-4 Juni) dan volume darahnya banyak (selama 3 hari mens), apakah ini normal atau bagaimana, terus saya masih bingung apakah selama mens tsb saya masih harus minum pilnya atau berhenti. Tapi kalau mensnya terus menerus (tsb diatas) apa harus berhenti minumnya selama mens tsb. Dan kalau mau ganti KB sebaiknya pakai apa yang menurut dokter tdk terlalu bermasalah (mensnya normal). 2. Saya juga punya teman (32 tahun) sudah pernah mengalami operasi caesar sebanyak 3 kali jadi dia memutuskan utk ditubektomi, tapi kendalanya yaitu mens tdk teratur dan banyak (sebulan bisa tdk mens atau kadang sebulan 2 kali mens). Apakah yang tubektomi memang selalu mengalami hal spt itu atau bagaimana. Temen saya selama ini (+/- 6 bln) belum pernah kontrol ke dokter lagi karena dia bilang tdk pernah ada masalah pasca operasi selain masalah tsb diatas. Apakah pasca operasi tubektomi harus rajin kontrol walaupun tdk ada keluhan yg dialami selain masalah mens tsb. Terus apa tandanya kalau operasinya bisa dikatakan berhasil (tdk ada keluhan apa). Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya.
Evi Dwi Iriani, 32 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Halo Ibu Evi, walaupun memang ada pil KB yang ditujukan untuk ibu yang sedang menyusui (berisi hormon progesteron saja), namun sebaiknya para ibu yang sedang menyusui disarankan untuk menggunakan system KB non hormonal, misalnya dengan menggunakan IUD (spiral).

Saat menyusui, tubuh memproduksi hormon prolaktin, dan hormon ini dapat menekan produksi hormon progesteron sehingga biasanya orang yang menyusui akan mengalami haid yang jarang (laktasi amenorrhea). Oleh karena itu pil KB khusus ibu menyusui biasanya mengandung progesteron saja untuk memberikan tambahan progesteron dalam tubuh agar haidnya bisa normal. Namun pada kasus Anda, apabila terasa sangat mengganggu, sebaiknya diskusikan dengan dokter kandungan Anda, atau coba mencari pendapat kedua dengan dokter kandungan lain yang tentunya lebih paham akan masalah ini.

Pada tubektomi, jalur lalu lintas sel telur (tuba falopii) “dihambat” dengan cara diikat, tetapi pabrik sel telurnya (ovarium) tidak diganggu, oleh karena itu produksi hormon-hormon yang mengatur menstruasi (progesteron & estrogen) tidak terganggu. Ovarium selain memproduksi sel telur juga bertanggung jawab dalam produksi hormon-hormon tersebut, namun tidak seperti sel telur, hormon-hormon tersebut dilepaskan ke dalam darah. Jadi penyumbatan tuba falopii tidak akan mempengaruhi kerja hormon. Jadi secara teoritis seharusnya tidak ada masalah dengan siklus menstruasinya.

Menurut hemat kami, apabila sebelum tubektomi tidak ada gangguan menstruasi (normal), maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah yang dialaminya normal atau tidak. Gangguan lain yang juga harus diperhatikan adalah apabila pada bekas operasi terjadi luka, pembengkakan atau kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri, karena jika dibiarkan dikhawatirkan hal ini bisa menyebabkan infeksi pada organ reproduksi dalam.

Semoga penjelasan kami bisa memberikan pencerahan. Salam dari Tim Mediasehat.
Konsultasi lain :
Darah saat Berhubungan Intim
Akibat Masturbasi pada Wanita
Apakah harus puasa Berhubungan Imtim setelah masa
Saat Menstruasi Absen
Puting Susu Melesak ke Dalam
Menghilangkan Mioma Tanpa Operasi?
Cairan Vagina Berbau Tak Sedap
Tidak Haid 5 Bulan, Bukan Tanda Hamil?
Haid Setahun Sekali ?
Haid 2 kali sebulan
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006