mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kenalan dengan Badan POM yuk !
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Stop KB Suntik, Bisa Menstruasi?
apakah istri saya dapat mentruasi kembali setelah 5 tahun tidak menstruasi karena akibat kb suntik yang pernah dipakai 4 tahun yang lalu
dadan, 38 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear saudara Dadan,


Memang salah satu kelemahan dari pemakaian suntik KB adalah tidak dapat menstruasi. Itu merupakan resiko dari salah satu mekanisme / cara kerja dari suntik KB itu sendiri, yaitu meniadakan keluarnya sel telur dari indung telur.

Yang namanya proses menstruasi, diawali dengan proses pembentukan dan pematangan sel telur di indung telur sampai sel telur keluar dari indung telur ke rahim untuk siap dibuahi ketika sel sperma masuk ke rahim, sementara itu di saat - saat seperti ini, dinding rahim jadi menebal sebagai persiapan terjadinya kehamilan setelah pembuahan. Nah, jika tidak terjadi pembuahan, sel telur tidak bertemu dengan sel sperma, sel telur akan melebur dengan sendirinya dan dinding rahim yang menebal itu akan meluruh dari dalam. Peluruhan ini akan menimbulkan pendarahan, yang akan mengalir keluar dari vagina, ini lah yang disebut menstruasi.

Oleh karena KB suntik bekerja dengan meniadakan keluarnya sel telur dari indung telur, maka proses menstruasi tidak akan terjadi. Nah, untuk kasus istri anda, pemakaian KB suntik ini telah berlangsung cukup lama dan rutin, maka wajar kalau istri anda belum bisa menstruasi setelah menghentikannya.

Yang namanya alat KB, kecuali yang spiral, biasa mengandung hormon - hormon yang intinya mencegah terjadinya pembuahan sel telur dengan sel sperma, seperti KB suntik yang dipakai istri, dengan cara : mencegah pembuahan dengan cara mencegah sel telur keluar dari indung telur dan mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sel sperma sulit berenang masuk ke rahim. Mekanisme ini memang mekanisme yang terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan kerja hormon - hormon kelamin, ditambah dengan pemakaian yang sudah lama dan rutin, keseimbangan kerja hormonal yang seharusnya akan sulit dikembalikan. Tapi bukan berarti tidak mungkin terjadi, karena memang akan terjadi.

Anda bisa membantu istri anda dengan melakukan pola hidup sehat bersama, dengan cara menerapkan pola makan sehat, banyak minum air putih, dan konsumsi vitamin jika perlu. Jangan lupa cukupkan istirahat dan olah raga teratur. Itu semua untuk menjaga kebugaran tubuh. Keseimbangan kondisi tubuh bisa membantu pemulihan kerja hormon - hormon tubuh.

Kalau dengan cara di atas, istri anda tidak bisa menstruasi dan hamil, ada baiknya anda bawa istri anda untuk pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat.com
Konsultasi lain :
Darah saat Berhubungan Intim
Akibat Masturbasi pada Wanita
Apakah harus puasa Berhubungan Imtim setelah masa
Saat Menstruasi Absen
Puting Susu Melesak ke Dalam
Menghilangkan Mioma Tanpa Operasi?
Cairan Vagina Berbau Tak Sedap
Tidak Haid 5 Bulan, Bukan Tanda Hamil?
Haid Setahun Sekali ?
Haid 2 kali sebulan
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006