mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Pil KB dan Bercak Coklat Setelah Haid
Selmat pagi dok ,saya mau tanya saya pemakai alat kb jenis nya pil.tapi kenapa setelah haid 3 hari sesudah ada bercak coklat di celana saya .apakah itu normal atau ada sesuatu yang tidak normal..
yanti, 31 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear saudari Yanti,

Sekarang ini sudah ada 2 macam obat pil KB, yaitu pil 'mini' (hanya mengandung progestin) dan pil terpadu (mengandung progestin dan estrogen).

Keduanya sama - sama dinilai efektif dalam mencegah kehamilan, hanya saja efektivitas pil terpadu lebih cepat dan kuat dibandingkan pil 'mini'. Tapi tentu saja pemilihan yang mana yang sebaiknya dipilih, semua tergantung dari kondisi tubuh sendiri.

Hal - hal yang perlu diperhatikan untuk pemakaian pil KB terpadu, yaitu jangan menggunakannya jika : ternyata anda seorang perokok, dan / atau memiliki problema kesehatan (seperti: TBC, kejang / epilepsi, kanker payudara, benjolan payudara, telat haid, hamil, pendarahan abnormal, diabetes, hepatitis, penyakit jantung, hipertensi dsb), dan / atau pernah menunjukkan gejala-gejala stroke (kelumpuhan), dan / atau pernah mengalami penggumpalan darah di pembuluh kaki atau otak, karena pemakaian pil terpadu bisa makin memperparah keadaan - keadaan tersebut.
Untuk pil 'mini', pil ini relatif lebih aman dari pada pil terpadu. Bahkan pil ini lebih dianjurkan untuk ibu - ibu menyusui, karena pil itu tidak mengandung esterogen yang dapat mengganggu produksi dari ASI.

Mengenai reaksi munculnya bercak - bercak coklat di celana anda 3 hari setelah haid itu, sebenarnya itu memang merupakan salah satu efek samping dari pemakaian pil KB, baik pil 'mini' maupun pil terpadu. Masalahnya sekarang, anda tidak menyebutkan sebenarnya pil KB yang mana yang anda minum, karena cara penanganannya berbeda untuk masing - masing pil
Untuk pemakaian pil terpadu, reaksi keluar bercak itu bisa dikurangi atau dihindari dengan cara pemakaian tepat waktu (di waktu yang sama tiap harinya). Jika itu tidak berhasil, maka dosis progestin atau estrogen-nya lah yang harus dikurangi.
Untuk pemakaian pil 'mini', jika memang sangat mengganggu, bercak coklat itu bisa diatasi dengan meminum obat ibuprofen.
Atau, jika mau, sebaiknya anda berkonsultasi lagi ke dokter kandungan anda mengenai bercak - bercak coklat setelah haid itu.

Demikianlah jawaban kami, semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Darah saat Berhubungan Intim
Akibat Masturbasi pada Wanita
Apakah harus puasa Berhubungan Imtim setelah masa
Saat Menstruasi Absen
Puting Susu Melesak ke Dalam
Menghilangkan Mioma Tanpa Operasi?
Cairan Vagina Berbau Tak Sedap
Tidak Haid 5 Bulan, Bukan Tanda Hamil?
Haid Setahun Sekali ?
Haid 2 kali sebulan
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006