mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kenalan dengan Badan POM yuk !
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Vitamin Penambah Nafsu Makan ?!
saya mempunyai anak umur 2 thn 2 bulan, yang ingin saya tanyakan adalah vitamin apa yang cocok untuk anak saya yang mengandung penambah nafsu makan dan yang bisa memberi perlindungan tubuh dari penyakit tanpa menimbulkan mencret?!
ika septianasari, 27 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear saudari Ika,

Sebelumnya kami minta maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan anda ini, karena belakangan ini kami benar - benar sibuk. Harap anda bisa memakluminya.

Kekhawatiran anda terhadap kurangnya nafsu makan anak anda bisa dimengerti, akan tetapi, hilangnya nafsu makan sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Dan nafsu makan mereka bisa naik turun dengan tajam, yang jelas - jelas akan membingungkan dan membuat orang tua jadi panik.

Hilangnya nafsu makan bisa juga merupakan satu gejala umum pada banyak penyakit. Apabila kehilangan nafsu makan bersifat akut atau serius, hal penting yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan mengobati penyebabnya. Pada anak-anak dapat berupa infeksi (tuberkulosis, hepatitis), gagal jantung, kelainan ginjal, radang kronik, malabsorbsi, dan lain-lain. Pengobatan pada gejala saja bisa berbahaya.
Untuk mengatasinya harus diupayakan untuk menjaga nutrisi anak dengan sering-sering menawarkan makanan kecil yang mudah dicerna dan bergizi seperti buah segar, telur, susu dan keju. Makanan-makanan ini dapat ditawarkan dalam berbagai bentuk masakan.

Berkaitan dengan masalah anda, jika kehilangan nafsu makan anak tidak disertai dengan keluhan lain (penyakit), maka sangat dimungkinkan kehilangan nafsu makan anak ini adalah normal dalam masa tumbuh kembang anak.
Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menawarkan makanan sesering mungkin kepadanya. Gunakan kreativitas anda untuk menarik hati anak sehingga anak mau diajak makan, seperti dengan memberi variasi makanan dalam berbagai macam masakan dan bentuk, atau memberikan makanan sambil masuk ke dalam permainan anak, atau berikan "imbalan" / "hadiah" bila anak mau menghabiskan makanan, contohnya anak boleh main sepeda-sepedaan jika dia mau menghabiskan makanan.

Adapun hal - hal yang harus diperhatikan dengan baik berkaitan dengan kasus kurang nafsu makan pada anak, yaitu hindari memberikan makanan yang mempunyai aroma yang keras seperti yang mengandung MSG (monosodium glutamat / micin), karena bila anak terbiasa memakan makanan yang mengandung zat tersebut, maka pastinya dia bisa "mendeteksi" rasa hambar saat makan makanan sehari - harinya, sehingga anak jadi tidak mau makan.
Jangan pernah memaksakan anak makan dengan perasaan emosi ataupun amarah, sehingga anak merasa dia harus makan karena dia takut pada anda. Perlu dimengerti, hal ini akan mempengaruhi perkembangan emosinya yang dapat berakibat anak makin sulit makan, dan menjadikan makan sebagai suatu hal yang mengerikan baginya.

Adapun pemberian tambahan vitamin, sebetulnya tidak perlu lagi bila anak telah mendapatkan makanan yang seimbang. Vitamin hanya diberikan bila memang anak kekurangan vitamin. Sehat yang sejati adalah tanpa obat dan vitamin.

Memang ada obat yang dapat meningkatkan selera makan. Namun sebetulnya efek meningkatkan selera makan ini merupakan salah satu efek samping dari penggunaan obat tersebut. Meski ini telah banyak ditemukan di negara berkembang, namun penggunaannya di negara asalnya banyak ditentang. Meski hasil beberapa penelitian menunjukkan obat ini merangsang pertambahan berat badan anak, efek ini bersifat sementara dan segera kembali setelah obat dihentikan. Sementara efek samping obat yang lain juga sering menjadi keluhan dan lebih membahayakan.
Sayangnya, yang namanya penggunaan vitamin sebagai penambah selera makan sebenarnya merupakan sugesti saja, dan belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukung hal ini, jadi maaf sekali kami tidak bisa membantu anda dengan ini.

Demikian jawaban kami, semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Membersihkan Telinga Anak
Batuk & Pilek tak kunjung sembuh
Anak Tanpa Testis
Susah Mencerna Makanan
Ketombe Pada Anak
Minum Susu Soya Malah Sakit?
Bedah Plastik untuk Anak
Hidung Tersumbat akibat Lendir
Ada Flek Di Paru-Paru Anak Saya, Dok.....
Sumbing Langit-langit (Cleft Palate)
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006