mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Batuk Akibat Alergi
dok sudah 1 bulan ini batuk saya kok belum sembuh juga ya. saya sudah 2 kali periksa ke dokter dan tidak ada hasil. katanya dokter yang memeriksa saya, batuk saya dikarenakan alergi dingin dan debu. kenapa kok baru sekarang saya kena alergi debu ya dok. betulkah diagnosa dokter tsb. dan kira-kira obat apa yang tepat untuk batuk saya ini ya dok. sebelumnya terima kasih
rizal, 65 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Pak Rizal yth, alergi adalah kondisi yang spesifik dan tidak dapat dijelaskan penyebab sebenarnya, yang pasti pada alergi, tubuh kita menjadi sensitif akan sesuatu (dalam kasus anda, cuaca dingin dan debu) dan mengenalinya sebagai “benda asing”, sehingga apabila tubuh mendeteksi adanya dingin dan debu, tubuh Anda bereaksi untuk “mengusir” benda asing tersebut. Dan batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing lewat udara.

Bisa saja dahulu kita tidak memiliki alergi terhadap debu, namun sekarang kita mengalaminya. Hal ini kemungkinan akibat terjadinya mutasi-mutasi pada system pertahanan tubuh (sel-sel darah putih dan turunannya), misalnya akibat pemaparan zat kimia atau radiasi melalui makanan dan polusi, atau gaya hidup yang kurang sehat, misalnya. Bisa juga karena faktor usia, 'performa' sistem tubuh kita sudah menurun, sehingga tubuh menjadi lebih 'terbuka' terhadap beberapa gangguan.

Batuk memang bisa menjadi indikasi alergi, tetapi bisa juga mengindikasikan adanya penyakit lain. Saran kami, cari pendapat kedua dengan mendatangi dokter lain, dan jika dokter tersebut mendiagnosa penyakit lain, jelaskan bahwa sebelumnya Anda didiagnosa alergi. Atau untuk mengetahui apakah batuk Anda akibat alergi/bukan, Anda bisa minta surat pengantar dari dokter Anda untuk melakukan tes alergi di rumah sakit. Dan jika ternyata penyebabnya adalah hal lain, seperti infeksi saluran pernapasan akibat bakteri ataupun jamur, maka harus segera diobati. Oleh karena itu lebih cepat Anda memeriksakan diri kembali, akan lebih baik.

Pengobatan batuk karena alergi tidak berbeda dengan pengobatan batuk biasa. Jika batuknya kering maka obatnya adalah obat untuk batuk kering (antitusiv) dan jika berdahak maka obatnya untuk batuk berdahak (expectorant). Sebaiknya pilih formula obat batuk yang memiliki kandungan antihistamin, seperti Chlorpheniramine maleat (CTM) atau difenhidramin. Kandungan anti histamine tersebut selain bersifat anti-alergi, juga menyebabkan kantuk sehingga Anda bisa beristirahat dengan baik dan tidak terganggu oleh batuk, terutama di malam hari. Dan hindari sumber-sumber alergi Anda, misalnya jika harus berada di tempat yang banyak debunya (di jalan raya, saat membersihkan rumah) pakailah masker pelindung hidung dan mulut, dan hindari tubuh Anda dari paparan cuaca dan udara dingin atau AC dengan menggunakan baju pelapis/baju hangat.

Semoga jawaban kami dapat memberikan penjelasan yang memuaskan.
Konsultasi lain :
Tenggorokan Berlendir Terus
Sakit Kepala Hebat
Batuk Alergi, bagaimana sembuhnya?
Bisakah Sembuh Total dari Alergi ?
Obat dan Pertolongan Pertama unt. Penyakit
Mudah Lemas setelah usia 30tahun
Yang Sehat utk Penderita Kolesterol & Asam Ur
Asam Urat Tinggi
Pemeriksaan Hepatitis
Benjolan Pada Payudara Pria
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 6 7 8 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006