mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Pengambilan Salah Satu Testis: Efek dan Defek?
terima kasih sebelumnya saya ucapkan atas adanya rubrik konsultasi ini. Persoalan ini sebetulnya terjadi pada saudara saya (laki2-umur 20th) masih lajang. setahun yang lalu pada saat main bola, adik saya terkena bola cukup keras pada alat kelaminnya. pada saat itu cuman terasa sakit saja. Tapi 1 bulan kemudian timbul pembesaran testis yang sampe sakarang blm sembuh (masih besar . bengkak). Pernah dibawa ke dokter, saran dokter adalah operasi pengambilan testis. Pertanyaan saya adalah : 1. Apakah operasi jalan satu2nya yang harus ditempuh ? 2. Efek apa aja yang akan timbul setelah operasi pengambilan testis (1 testis ) ? 3. Apakah fungsi ereksi tidak terganggu ? Atas bantuan dan jawabannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya. joko
joko, 25 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear saudara Joko,

Kami sungguh prihatin atas apa yang menimpa saudara laki-laki anda, dan dengan sangat menyesal kami menginformasikan bahwa dengan kasus pembengkakan seperti itu, tidak ada cara lain yang bisa ditempuh selain operasi pengambilan testis. Perlu anda pahami, bahwa pembengkakan yang tidak kunjung membaik walau sudah cukup dalam waktu cukup lama (1 bulan) dan masih terasa perih, itu berarti peradangan yang terjadi sudah parah, organ yang bersangkutan mengalami trauma organ yang serius. Ditambah lagi, saudara laki-laki anda tidak segera memeriksakannya, jadi keadaan sudah terlambat.
Sayangnya waktu itu saudara laki-laki anda mengangap remeh benturan keras pada kelaminnya itu sehingga tidak cepat memeriksakan diri setelah kejadian itu. Mungkin jika waktu itu segera diperiksakan, cedera organ itu bisa ditanggulangi tanpa harus operasi segala.

Tidak sedikit pria hidup dengan satu buah zakar (testis), baik karena gangguan perkembangan sejak kecil maupun karena dioperasi akibat suatu gangguan atau penyakit tertentu. Meski demikian, mereka dapat hidup normal dan tenang. Jadi, Anda tidak sendiri, karena itu kami harap agar saudara anda itu tidak perlu merasa tersiksa dengan kenyataan yang akan dia alami akibat operasi pengambilan salah satu testis-nya.

Di dalam testis diproduksi spermatozoa (benih laki-laki), dan hormon testosteron yang penting bagi perkembangan kelamin, dorongan seksual, dan proses pembentukan spermatozoa. Produksi sel spermatozoa oleh kedua testis yang normal pada umumnya menjadikan seorang pria mempunyai kesuburan normal.

Jika hanya memiliki 1 testis atau hanya 1 testis yang berfungsi, kesuburan mungkin saja terganggu. Namun, mungkin juga tidak terganggu, bila buah zakar yang satu itu melakukan kompensasi mengambil alih fungsi testis yang satu lagi itu.
Pada umumnya buah zakar yang melakukan kompensasi itu ukurannya lebih besar daripada ukuran normal. Demikian juga dengan produksi hormon testosteron yang bertanggungjawab bagi dorongan seksual. Jadi walau hanya punya 1 testis, saudara laki-laki anda masih bisa punya hormon testosteron yang memberi dorongan seksual, nah, dengan demikian, dorongan seksualnya bisa tetap normal, sehingga fungsi seksual juga tetap normal.
Jadi, saudara anda itu, begitu juga anda, tak perlu takut bahwa saudara anda tidak dapat melakukan hubungan seksual.

Testis yang sudah dioperasi (diambil) tidak dapat tumbuh membesar kembali karena sudah tidak ada lagi akibat operasi yang dilakukan. Untuk lebih jelas mengetahui bagaimana keadaan kesuburan saudara laki-laki anda kelak dengan hanya 1 buah testis, tentu diperlukan pemeriksaan.

Kami sarankan agar saudara anda untuk memeriksakan diri lebih lanjut daripada selalu khawatir sendiri. Tentu saja dengan catatan, dia sudah harus siap menerima dan menghadapi hasil pemeriksaan itu, walaupun pahit sekalipun.

Nah, cukup jelas, 'kan, walaupun saudara anda itu hanya akan mempunyai 1 buah testis, belum tentu juga dia menjadi mandul / tidak bisa ereksi, karena masih ada 1 testis lagi yang tentunya masih bisa diharapkan tetap berfungsi ?!
Lain halnya bila 1 testis yang tidak diambil itu ternyata tidak berfungsi baik atau mengalami gangguan fungsi.
Masalahnya, apakah testis-nya yang satu lagi itu berfungsi baik atau tidak, dan apakah melakukan fungsi kompensasi atau tidak. Kalau testis yang satu lagi itu masih berfungsi baik, berarti saudara anda tidak mandul, walaupun mungkin mengalami gangguan kesuburan. Kalau 1 testis itu mampu melakukan kompensasi, berarti kesuburan Anda normal.

Demikian jawaban kami, semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Penis Bengkok
Sunat vs Ejakulasi Dini
Dokter Ahli Masalah Pria
Buah Zakar Cuma Satu
Selangkangan & Kelamin Gatal
Lubang Vagina Sempit, Gak Bisa Penetrasi....
Tanya Soal Varikosel
Takut Tidak Bisa 'Memuaskan'
Seks : Tangan Penetrasi Ke Dlm Vagina ?
Penis bengkok saat ereksi
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006