mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Anak Tanpa Testis

Saya punya anak balita yang berumur 2 tahun, lahirnya melalui proses sesar. ia tidak punya biji kelamin (testicles) semenjak lahir. Yang saya mau tanyakan penyebab hal tersebut dan bagaimana solusi ke depannya?? terima kasih.

Muhammad taufik, 28 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :

Dear Pak Taufik,

 

pada beberapa kasus, memang ada anak-anak yang dilahirkan tanpa testis, namun sebetulnya bukan berarti tidak punya testis. Biasanya testis-nya masih tertinggal di rongga perut, dan akan 'meluncur' turun dengan sendirinya (jika masih tergolong normal). Pada perkembangan janin normal, testis ini akan turun ke kantung testis sebelum bayi dilahirkan.

Oleh karena itu pada bayi tanpa testis biasanya dokter anak akan mencoba memantau sampai usia sembilan bulan untuk mengetahui apakah testisnya turun sendiri atau belum. Jika sampai usia sembilan bulan masih belum turun, dilakukan terapi hormonal untuk "memaksa" benda tersebut turun, dan jika sampai usia dua tahun testisnya tak kunjung turun juga walau telah terapi hormon, akan dilakukan tindakan operasi untuk memindahkannya, karena jika dibiarkan terus, lama kelamaan bisa menyebabkan kerusakan sel-sel pada testis yang bisa menyebabkan kemandulan.

Nah, yang tidak jelas dalam pertanyaan pak Taufik adalah, apakah tidak adanya testis pada buah hati Anda terdeteksi oleh dokter saat dilahirkan? Dan apakah dokter telah memeriksa secara seksama apakah benar-benar tidak punya testis atau hanya "belum turun" saja? Karena jika sekarang usianya sudah dua tahun, seharusnya sudah ada tindakan nyata untuk menolong anak Anda "mendapatkan" testisnya di tempat yang seharusnya.

Ketidaknormalan pada alat kelamin anak laki-laki memang bisa disebabkan oleh faktor hormonal, namun bisa juga karena faktor kromosomal, misalnya pada sindroma Klinefelter, di mana manifestasinya adalah perkembangan alat kelamin yang tidak sempurna dan juga tidak bisa menghasilkan sperma alias mandul.

Saat ini saya sangat berharap Pak Taufik sudah rutin memeriksakan buah hati Bapak ke dokter anak dan juga androlog untuk mengetahui penyebab utama permasalahan yang terjadi, sehingga bisa memastikan tindakan yang harus segera diambil untuk menolongnya.

Mohon maaf jika kali ini kami tidak bisa banyak membantu, tapi semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Salam dari Mediasehat!

Konsultasi lain :
Membersihkan Telinga Anak
Batuk & Pilek tak kunjung sembuh
Susah Mencerna Makanan
Ketombe Pada Anak
Minum Susu Soya Malah Sakit?
Bedah Plastik untuk Anak
Hidung Tersumbat akibat Lendir
Ada Flek Di Paru-Paru Anak Saya, Dok.....
Sumbing Langit-langit (Cleft Palate)
Mungkinkah Flek Paru Terjadi Pada Balita / Bayi ??
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006